Rabu, 01 Desember 2010

SPSS makes statistical made easy

Kemajuan yang sangat pesat saat ini di bidang komputer membuat manusia menjadi lebih mudah, khususnya software aplikasi statistik, telah membuat pengolahan data statistik menjadi mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Oleh karena itu, saat ini aplikasi statistik dalam pengolahan data bukanlah menjadi momok yang menakutkan bahkan sebaliknya. Banyak persoalan statistik yang sulit dipecahkan (kompleks) , yang awalnya tidak mungkin dikerjakan secara manual, sekarang bisa diselesaikan secara cepat dan tepat dengan menggunakan software  statistik ini.
Cukup banyak software-software di bidang statistik, namun SPSS adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan pemakai dikarenakan mudahnya untuk menggunakannya bahkan cakupan pemakainya di  seluruh dunia.
ada 5 hal yang merupakan kelebihan SPSS :
1. SPSS mampu mengakses data dari berbagai macam format data yang tersedia seperti dBase, Lotus, Access, text file, spreadsheet, bahkan dapat mengakses database melalui ODBC (Open Data Base Connectivity) sehingga data yang ada, dalam berbagai format, bisa langsung dibaca SPSS untuk dianalisis.
2. SPSS memberi tampilan data yang lebih informative, yaitu menampilkan data sesuai nilainya (menampilkan label data dalam kata-kata) meskipun sebetulnya kita sedang bekerja menggunakan angka-angka (kode data).
3. SPSS memberikan informasi lebih akurat dengan memperlakukan missing data secara tepat, yaitu dengan member kode alasan mengapa terjadi missing data. Misalnya karena pernyataan tidak relevan dengan kondisi responden, pertanyaan tidak dijawab, atau karena memang pertanyaannya yang harus dilompati.
4. SPSS melakukan analisis yang sama untuk kelompok-kelompok pengamatan yang berbeda secar sekaligus hanya dalam beberapa mouse klik saja. Misalnya mengetahui nilai minimum, maksimum dan rata-rata penjualan per kuartal wilayah penjualan secara bersamaan pada masing-masing kelompok produk, mengetahui hal-halyang signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan (apakah kelompok umur konsumen, tingkat pendidikan, jenis kelamin, besar pengeluran per bulan,dll) pada masing-masing wilayah penjualan
5. SPSS mampu merangkum data dalam format tabel multidimensi, yaitu beberapa field ditabulasikan secara bersamaan. Contohnya tabel persentase jumlah responden dari beberapa kelompok umur terhadap beberapa kategori produk perawatan rambut, tabel persentase jumlah responden dari beberapa tingkat pendidikan terhadap beberapa partai politik pilihan menurut beberapa wilayah pemilihan umum.
tidak hanya itu, sedikit sejarah pembuatan aplikasi SPSS :
Pada tahun 1968, Norman H.Nie, C.Hadlai (Tex) Hull dan Dale H.Bent, tiga orang pemuda dari latar belakang professional dan ketrampilan yang berbeda, mengembangkan suatu software yang berdasarkan gagasan statistika menggunakan untuk mengubah data mentah menjadi informasi essensial untuk membuat keputusan. Sistem perangkat lunak statistic revolusioner ini disebut SPSS, yang menjadi calon Statistical Package untuk Ilmu Pengetahuan Sosial. Ketiga pemuda tersebut membangun SPSS dari keperluan untuk dengan cepat menganalisa volume data ilmu pengetahuan social yang dikumpulkan lewat berbagai metode penelitian. Dilakukan kerja pertama SPSS di Stanford University dengan maksud untuk membuatnya tersedia hanya untuk dikonsumsi lokal dan tak ada distribusi internasional. Nie, seorang ilmuwan social dan Stanford doctoral calon, mengambil target sasaran dan menetapkan kebutuhan; Bent calon doctor Stanford university pada penelitian pelaksanaan, mempunyai keahlian analisa dan mendesain struktur berkas sistem SPSS, dan Hull, yang baru tamat dari Stanfor dengan gelar MBA-nya , memprogram SPSS
Namun demikian, meskipun SPSS sudah dirancang secara “user friendly”, untuk menguasai berbagai fasilitas yang tersedia pada program ini tentunya tetap memerlukan banyak praktek dan latihan, dengan berbagai variasi persoalan. Oleh karena itu , blog ini ungkin bisa membantu anda lebih mengerti akan aplikasi SPSS tersebut

14 komentar:

Revaldo M. mengatakan...

semoga bermanfaat informasinya

devina mengatakan...

wah thanks ya infonya ,sekarang jadi lebih ngerti deh kelebihan2 spss :)))

devina mengatakan...

WAAAAAAAAAAAAAH ,makasih ya infonya .sekarang gue jadi ngerti deh kelebihan kelebihan spss :))) Thankyou yaaaaaa

Revaldo M. mengatakan...

makasi mbakk :))

G. mengatakan...

wiiih SPSS, thumbs up!

Muhammad Lutfi Afandi mengatakan...

WOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOW jadi begitu toh
saya baru memahaminya
thank you

Revaldo M. mengatakan...

makasii :))

Cynthia Putriyani Alie mengatakan...

terima kasih infonya, sangat membantu.. :D

Revaldo M. mengatakan...

yaya kembali kasihh

Unknown mengatakan...

Terima kasih infonya jadi sekarang saya ngerti SPSS itu apa dan kegunaan nya.

Revaldo M. mengatakan...

sama samaa kembali kasih

Gerald Evans mengatakan...

menurut gw bro SPSS itu terobosan yang jitu dalam dunia statistika krn yg gw tangkap dari artikel di atas SPPS itu banyak keunggulannya.
Pokoknya lanjutkan penggunaan SPSS!!!

Unknown mengatakan...

thanks yoooo :) ngebantu banget deh :D

Mardison Purba mengatakan...

weeeeeeeeeeeeeeeeeeeeiiiiiiiiiii

lumayaaaaaaaaaan yo....
tingkatkan bro

Posting Komentar

Followers

SEE MY FAVORITE MUSICIAN !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner