Kamis, 09 Desember 2010

KASKUS - THE LARGEST INDONESIAN COMMUNITY


Pertamax !!! beginilah komentar yang kadang terlihat bila pemberi komentar tersebut merupakan pemberi komentar pertama kali pada postingan blog anda, walaupun terus terang saya secara pribadi kurang menyukai berkomentar dengan kata tersebut, koq rasanya mengganggu dan tidak pada tempatnya… :)
Kata-kata lain seperti newbie, juragan , kamsud, tkp dan juga penyebutan diri dengan katasaia, tidak terasa tampaknya sudah menjadi budaya bahasa tersendiri didunia maya dan juga kadang terdengar didunia nyata dalam pembicaraan sehari-hari yang dapat mencirikan bahwa ia adalah seorang Kaskuser.
Padahal sebenarnya seperti yang dikatakan oleh Andrew Darwis perintis dan pemilik Kaskusini sendiri, kata-kata saia itu muncul hanya karena waktu itu ia salah mengetik saya menjadi saia, kemudian jadilah kata-kata itu dipakai di Kaskus.
Bahkan tampaknya saat ini ada suatu kebanggaan dari pengguna istilah-istilah tersebut… dan mereka memiliki rasa bangga tersendiri bila menggunakan  bahsa-bahasa ala  Kaskuser :lol: .
Yah…memang Kaskus Forum Online Indonesia memiliki bahasa, kelas sosial dan etika yang tercipta secara tidak sengaja dan saat ini dapat dikatakan mirip sebuah  Kultus.  :)
Tahun ini genap sembilan tahun usia Forum Online Kaskus berdiri dan Andrew Darwis sebagai pemiliknya mengaku masih sulit membayangkan bertahannya sebuah forum dengan jumlah anggota yang mencapai ratusan ribu bahkan Forum Komunikasi ini nyaris menjadi sebuah Kultus.
Jumlah resmi anggota Kaskus yang tercatat adalah 855.674, mungkin angka ini tidak mempresentasikan jumlah anggota yang sebenarnya karena ada yang akunnya sudah mati atau bahkan satu orang memiliki puluhan akun.
Ada juga yang bukan anggota Kaskus tetapi rajin membaca thread di kaskus. Tercatat mencapai 9,2 juta IP address yang masuk ke Kaskus… Mmm…jumlah yang luar biasa dan menarik bagi Kaskus untuk berbisnis dan penjualan iklannya.
Kaskus adalah kependekan dari Kasak-Kusuk, yang sejak awal telah diniatkan sebagai forum yang membebaskan senua anggota untuk berekspresi. Diawal berdirinya Kaskus, Forum BB17 singkatan dari Buka-Bukaan 17 untuk konten dewasa dan Forum Fight Clubyang bernuansa SARA merupakan kanal-kanal favorit warga Kaskus yang biasa disebut Kaskuser.
Sejak Agustus tahun lalu, Kaskus telah mengalami evolusi , sejalan dengan pemberlakuan Undang-undang Internet dan Transaksi Elektronik(UU ITE ) tahun 2008, Kaskus pun harus berubah , yang namanyaForum BB17 dimatikan dan Fight Club dirubah menjadi Debate Clubdengan aturan yang lebih ketat dan tidak boleh menyinggung SARA.
Kanal-kanal yang lebih didominasi dengan laki-laki juga dihilangkan untuk menarik minat perempuan untuk bergabung. Dan Kaskus sendiri tidak keberatan untuk menambah kanal kelompok lain yang masih satu nuansa.
Sebuah kanal atau subforum biasanya digawangi oleh moderator dimana pemilihan moderator umumnya dilakukan secara polling sesama anggota subforum. Moderatorlah yang memiliki hak, kapan seseorang Kaskuser bisa diusir dari forum. Dan bila sudah diusir dari sebuah subforum, seorang Kaskuser harus membuat akun baru dan memulai dari awal lagi sebagai newbie.
Tingkatan seorang Kaukuser pun juga berbeda, saat seseorang baru bergabung menjadi kaskuser ia digelari newbie. Jika sudah memenuhi target posting tertentu, kastanya akan naik menjadi kaskuser dan kemudian naik terus menjadi kaskus holic, kaskus addict, kaskus maniak, kaskus gaek, kaskus freak hingga made in kaskus.
Jadi bila seseorang memang berniat serius untuk eksis di forum, merek harus mengikuti aturan main yang ada. Setiap anggotapun dapat memberi reputasi kepada anggota lain. Jika seseorang sudah memenuhi target 1000 posting, biasanya disebut mengejar ISO 2000, ia dapat memberikan kredit reputasi kepada anggota lain. Reputasi buruk disimbolkan sebagai bata merah, semakin banyak akan semakin buruk reputasi orang tersebut. Sementara untuk reputaasi baik dibahasakan dengan ijo-ijo, istilahnya minta cendol.
Kaskus juga menyediakan tempat berjualan dan mencari nafkah bagi anggotanya, yaitu FJB yaitu sarana murah meriah bagi Kaskuser untuk berjualan. Jualan di FJB diistilahkan dengan buka lapak.
Sejarah Singkat Berdirinya Kaskus
Berawal saat Andrew Darwis masih kuliah dibidang pembuatan website di Seattle, Amerika Serikat, ia merasa perlu adanya sebuah forum komunikasi, yang awalnya diniatkan untuk mahasiswa Indonesia disana.
Dari pertemanan Andrew Darwis dengan Ronald Stephanus dan Budi Dharmawan, forum daring Kaskus.us mulai dibangun sejak pada 6 November 2000. Diera awal kehadiran Kaskus, kurang lebih hanya 15 – 20 anggota bergabung. Saat itu biaya sewa hosting hanya sebesar US$.8 perbulan.
Sementara kedua rekan Andrew memiliki pandangan jauh kedepan, Forum daring ini diharapkan juga dapat menguntungkan secara bisnis dan harapan itu disaat bisnis dotcom memang sedang booming.
Namun selama dua tahun menjalankan forum ini, tampaknya belum menampakkan keuntungan secara bisnis, tidak ada iklan yang masuk, akhirnya kedua temannya hengkang sedangkan Andrew bertahan untuk melanjutkan sendiri forum yang telah dirintisnya ini dan bertekad untuk membesarkan Kaskus.
Saat lulus dan bekerja menjadi web designer pada Lyrics.com, iapun menyisihkan uang pribadinya untuk tetap mempertahankan keberadaan forumnya. Atasan Andrew saat itu juga memberi support dan meyakinkannya bahwa Kaskus sangat potensial.
Pertengahan tahun 2008, sepupunya Ken Dean Lawadinatameyakinkan Andrew untuk pulang ke Indonesia dan serius membesarkan Kaskus. Bersama seorang teman lain yang bernamaDanny Wirianto, akhirnya mereka menjadi tiga orang penting dibalik Kaskus dibawah bendera PT.Data Media Indonesia.
Andrew tetap sebagai Admin dan berkonsentrasi pada pengembangan Kaskus, Ken sebagai CEO Kaskus yang bertanggung jawab pada manajemen perusahaan dan Danny bertanggung jawab sebagai CMO ( Chief Marketing Officer ).

6 komentar:

Taat Guswantoro mengatakan...

Lum gabung ni di kaskus...

Taat Guswantoro mengatakan...

saya belum gabung di Kaskus ni..

Taat Guswantoro mengatakan...

Pertamax gan

Gerald Evans mengatakan...

Kaskus itu forum di dunia maya yang paling lengkap lah, karena semua topik diomongin di situ, pokoknya mo kasi komentar, mo beli barang bisa dilakukan di forum ini.

Taat Guswantoro mengatakan...

kaskus...

Taat Guswantoro mengatakan...

pertamax bukan ya?

Posting Komentar

Followers

SEE MY FAVORITE MUSICIAN !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner